Rabu, 06 April 2011

Bisnis property




BALCONY
Mal, Hunian, dan Wisata Terbaru

Sebagai kota Bisnis di Kaltim Balikpapan terus menggeliat. Sejumlah pusat perbelanjaan dan perumahan makin menjamur. Terbaru muncul lagi pusat perbelanjaan terlengkap yang akan diresmikan dalam waktu dekat.
Naskah dan foto: Ade Myranti Karunia Sari
Balcony City atau sebutan lamanya pasar baru square (Pabas) diyakini akan menjadi teras kota Balikpapan. Di tempat tersebut ada nuansa suguhan beragam mulai Mal, Trade Centre, City Walk dan swiss-bel hotel. Pokoknya, Balcony City merupakan perpaduan dari kenyamanan berbelanja, hunian, serta berwisata. Karena itu meski belum diresmikan pengelola mengklaim balcony ini merupakan mall berbeda dari yang ada di Balikpapan.
Struktur bangunan yang langsung menghadap keluat lepas diyakini pihak Balcony City sebagai pusat perbelanjaan pertama yang ada di balikpapan. Karena itu pusat perbelanjaan yang terletak di Jalan Jendral Sudirman ini memiliki daya tarik khusus yang tidak dimiliki mall lainya. “Banyak mal yang ada di Balikpapan berada di pinggir laut, namun hanya Balcony City satu-satunya mal yang menghadap ke laut,” ungkap pengelola saat dikunjungi Nuansa.
Nama Balcony City sendiri diambil dari kata balkon yang artinya teras. Bangunan mall ini sangatlah unik, bentuknya yang menyerupai teras setengah lingkaran yang didesain oleh PT Hasta Kreasimandiri sebagai developper. Struktur bangunannya yang tidak biasa ini dirancang khusus agar tidak mudah retak dan dikerjakan oleh PT PP (Persero) Tbk.
Diungkapkan oleh Alen Stefenly, Chief Lease Promotion, pembangunan Balcony City dimulai pada tahun 2005 dan direncanakan Grand Opening pada Oktober mendatang. Ada 500 tenant mewarnai bangunan ini dan seluruhnya nyars terjual habis. Terbukti dari jumlah tersebut hingga maret lalu sudah terjual sekitar 355 tenant.
Meski belum dilakukan grand opening tapi puluhan toko sudah dibuka dan sudah menjual barang-barang yang dpasarkan.  “Okupansi untuk toko ini sangat dominan, dari keseluruhan yang ada nyaris 95 persen yang terjual dan saat ini sudah 38 toko yang sudah memasarkan barang dagangannya,” sebut Alen.
Balcony City mempunyai beberapa spesifikasi bangunan per lantainya. “Secara general kami punya project-nya sih ada tiga besar,” lanjutnya. Untuk lantai dasar atau trade centre, dulunya adalah pasar tradisional yang dikembangkan menjadi pasar modern. Bagian elemen kedua disebutkan lagi merupakan pusat perbelanjaan (Mal Balcony City), sedangkan elemen ketiga dijadikan sebagai condomunium hotel (Condotel) dan apartemen.
Diliat dari masyarakat sekarang yang lebih memililh berwisata ke mal-mal. Maka Balcony City diharapkan akan menjadi tujuan wisata baru untuk semua masyarakat dari berbagai kota, terutama warga Balikpapan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar